Kriteria suami ideal nan sholeh…Part 2

Wah…senengnya diri ku sebagai penulis,karena para pembaca yang budiman telah bersedia berdiskusi di tulisan Diskusi yuks… Nah berkat masukan dari pembaca sekalian,akhirnya aku mendapat pencerahan atas pertanyaan di tulisan itu, berikut rangkumannya…

  1. Kriteria suami ideal tidak jauh berbeda dengan kriteria istri ideal, tapi ada tambahannya, karena suami itu adalah sosok kepala rumah tangga, jadi dia memiliki kewajiban penuh untuk berkerja, yang mana sumber penghasilannya harus dari sumber yang halal untuk menghidupi keluarga nya. ( Masukan dari Mba Nuks )
  2. Suami ideal itu harus memiliki kesabaran, sifat penyayang ( Masukan dari Kanda )
  3. susah juga kali nyari yang ideal, kalo buatku selama dia seiman dan menempatkan keluarga dan pasangannya di atas dirinya sendiri itu sudah lebih dari cukup. kekurangan yang lain disikapi dengan kesadaran bahwa tiap orang termasuk diri kita sendiri pasti punya banyak kekurangan. ( Masukan dari Willis )
  4. yang menyantuni istrinya dan keluarganya dengan baik, dan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dlarang agama seperti judi, minum khamar ( Masukan dari Hanif )
  5. Suami ideal juga harus yg bertanggung jawab..( Menurut Asyafe)
  6. suami ideal itu harus seiman dan mencintai keluarganya karena Allah SWT…
    Insya Allah kalo sudah mencintai keluarganya karena Allah, semua yg baik2 ada pada suami ideal nan sholeh …. ^_^ (Menurut Wie_Chan)
  7. Seperti masukan dari Mba Nuks, bahwa Kriteria suami ideal nan sholeh sama seperti halnya kriteria istri ideal nan sholehah,karena yang baik sama yang baik..Tapi ideal or tidaknya seseorang tidak menjamin keutuhan keluarga, karena yang terpenting adalah komunikasi itu harus tetep di jaga , karena banyak sekali pengetahuan yang di dapat suami isteri ga ambil pusing…kan seharusnya bisa merespon 1 sama lainnya (Menurut Kang Arie)

Wah…terima kasih ya pembaca yang budiman, oiya selain itu aku juga dapat dpt pencerahan loh untuk kriteria suami ideal nan sholeh dari salah satu blog juga isinya adalah sebagai berikut:

  • Suami yang sholeh adalah seorang yang bisa membahagiakan istri dan anaknya, serta keluarganya baik di dunia ini ataupun di akhirat kelak. Seorang suami yang sholeh tidak akan memberi makan istri dan anak-anaknya kecuali dengan harta yang halal.
  • Seorang suami yang sholeh adalah seorang suami yang mampu menjaga amanah yang diberikan kepadanya. Dan istri dan anak-anak adalah amanah yang diberikan kepada seorang laki-laki yang menjadi suaminya.
  • Suami yang sholeh adalah seorang suami yang mampu memperlakukan istri dan anaknya dengan sifat-sifat yang terpuji, seorang suami yang sholeh akan selalu memperlakukan istrinya dengan sabar, sabar dengan setiap kesalahan-kesalahan istrinya, dan memperlakukan istrinya dengan kelembuatan dan penuh maaf saat istri dipenuhi dengan emosi dan kemarahan.
  • Suami yang sholeh adalah suami yang mampu menjadi pemimpin didalam rumah tangganya. Seorang suami bagaikan pemerintah didalam rumah tangganya, seorang suami yang sholeh adalah yang mampu memperhatikan hak dan kepentingan rakyatnya didalam pemerintahan yang dipimpinnya, dalam hal ini adalah istrinya.
  • Seorang suami yang sholeh akan selalu mampu bersikap bijaksana didalam tindakannya, menghargai pendapat istrinya, dan jika terjadi perbedaan pendapat dengan istrinya, dengan sikap terpuji dan penuh cinta kasih menghargai pendapat sang istri, serta mencari titik temu bersama dalam kerangka yang diperintahkan oleh alloh dan mejauhi segala yang dilarang oleh Allah.
  • Seorang suami yang sholeh akan selalu mampu menjadi teladan terpuji buat istri dan anak-anaknya. Mampu menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan yang baik, dan mendidik diri, istri, dan anak-anaknya untuk menapaki jalan-jalan yang menuju keridloan Alloh.
  • Seorang suami yang sholeh adalah seorang suami yang mampu membuat dirinya, istrinya dan anak-anaknya mencintai ilmu, menguasai ilmu dan mampu mengamalkannya, menjadikan ilmu yang diperolehnya itu bermanfaat bagi bangsa, negara, dan agamanya.
  • Seorang suami yang sholeh adalah seorang suami yang mampu membuat istrinya dan anak-anaknya tumbuh, dan berkembang menjadi pribadi yang luar biasa serta menapaki tangga-tangga sukses di dunia ini dan akhirat kelak.
  • Seorang suami yang sholeh adalah seorang suami yang akan selalu menjaga istri dan anaknya dari api neraka.
  • Suami yang sholeh juga memanggil istrinya dengan panggilan kesukaan istrinya..

Tapi walau bagaimanapun, suami sholeh juga seorang  manusia biasa yang pastinya juga punya kekurangan dan khilaf dalam hidupnya, maka di saat itulah sang istri harus datang untuk menjadi teman pelipur laranya …… :D

About these ads
Categories: celoteh koe, motivasi | 15 Comments

Post navigation

15 thoughts on “Kriteria suami ideal nan sholeh…Part 2

  1. WILL

    Kesempurnaan cuma milik Allah,
    tapi cubalah kau tengok awak

    Eno replay ” Iya sih Will kesempurnaan jd milik Allah, tp apakah salah jika aku ingin mengetahui kriteria suami ideal nan sholeh?? tengok siapa nih??ada yang sakit ya…?? :D

    • indah

      wah….benar itu. saya setuju sekali dengan pendapatnya,saya jg ingin sekali mencari kriteria suami yang seperti itu. senang di dunia maupun di akhirat.

  2. lagian kalau ada insyaallah ga bakal jatuh ke pelukan eno deh yang kayak di atas.
    ;)

    Eno replayMaksudnya sir…???kriteria yg mana?? kan aku lg bingung…mkaanya jawabannya diserahkan ke pembaca..nah ini kriteria yg mana??

  3. Wah, ga berani deh jadi suaminya eno kalau kayak gini …. he .. he .. he … buanyak banget syaratnya.

    Eno Replay ” Masa sih???ga deh…itu standar lagi….hehe…masa gitu aja ga brani…. :D

  4. enozone

    Actually ini comment dari temen lewat YM ke penulis, nama temen itu Eko Nugroho, he said ” kalo dibaca semuanya menggambarkan suami yang ideal, tapi itu kan tataran idealita, sedangkan dalam kenyataan kadang jauh dari itu, jdi menurut saya bukan yang ideal dalam kriteria atau syarat-syarat. meski itu kalo terpenuhi BAIK.tapi justru sikap kita dalam menghadapi suami / istri kita yang tidak ideal,kalo pernah baca motivasinya andrewongso
    cerita mencari istri yang sempurna coba baca deh
    karena yang TERBAIK itu bukan yang IDEAL”

  5. TIDAAAAKK!!!
    jangan jadikan saya sebagai suami anda!!!
    tolong….!!!!

    HAAHAHAHAHAHA
    becanda tante!

    ENo Repaly :”HANIF…….ONYOOOOON……. :(

  6. @hanif

    Hahahahahahhahaha, gila lu nif…gw suka gaya lu

    ENo Replay :” KOSOOOON…..Kamu kok ikutan ONYOOOON…. :( bete…bete..ah basi..basi loch.. :D

  7. mayapuspitasari

    @hanif
    belum tentu juga kamu lulus fit and proper test nya tante ini…
    Mesti bersaing dulu dengan para om-om yang udah lebih dulu ngantri :))

    ENo Replay : “MAYA…….au ah bete ama MAYA,HANIF,KOSON…bete…bete….au ah gelap….kita marahan 3 menit….dimulai dari kemaren hehe ^_^

  8. mayapuspitasari

    Hihihiii…
    Siiiipppp…
    Maaf ya.. My loving sister… ^_^

  9. judi mulyadi

    menurut saya tidak ada yang ideal, tapi ber-usaha lah yang terbaik diri sendiri juga bagi lingkungan dan keluarga kita. bagaimana kita bisa diterima oleh lingkungan kita. semoga ya……

  10. azqi

    wah aq jd kpngin nkah dech….heeeeeeeeeeeee
    ya smg q dapat suami yang dapat memimpinq menuju surgaMu Y rabb

  11. enozone

    @ azqi :
    Wah..apalagi yang ditunggu…ayo disegerakan ketika niat itu dah terbesit dihati dan pikiran..so smoga bs menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah ya…^_^

  12. enozone

    @ azqi : amiin..
    Wah..apalagi yang ditunggu…ayo disegerakan ketika niat itu dah terbesit dihati dan pikiran..so smoga bs menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah ya…^_^

  13. aneng

    subhanallah indahnya……………………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    semoga Allah memeberikan ana suami yang saleh

  14. Wah keren blognya…tulisannya juga cukup informatif. Boleh kan saya nambahin informasi dengan tulisan yang senada. Silahkan mampir di http://samarakita.net/2012/03/13/belajar-menjadi-suami-sholeh/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: