Perhatikanlah pohon ; Bergurulah padanya….

Manusia merupakan sebaik-baiknya makhluk yang diciptakan oleh Pecipta alam semesta ini, tapi dengan memiliki kandidat tersebut, bukan berarti manusia merasa paling sempurna diantara makhluk-makhluk lain. Memang manusia memiliki banyak kelebihan dibanding makhluk lain, tapi cobalah perhatikan diantara para makhluk Allah, kenapa manusia yang paling sering di tegur oleh Pencipta alam ini diantara makhluk-makhluk lain??? Mulai dari sejak zaman para Anbiya manusialah yang selalu ditegur oleh-Nya, baik secara langsung atau pun melalui makhluk lain.

Berdasarkan peristiwa tersebut seharusnya menjadikan kita sebagai manusia merenungi dan mengambil pelajaran. Walaupun kita manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna yang memiliki kelebihan dibanding makhluk lain bahkan dijadikan khalifah di bumi ini, bukan berarti kita manusia lantas merasa sok pintar, ingat kelebihan kita dari makhluk lain hanyalah “akal” yang diberikan -Nya, agar kita bisa berfikir akan kebesaran-Nya juga agar kita bisa mengambil pelajaran, baik dari alam ini maupun dari makhluk ciptaan-Nya.

Cobalah renungi filsafat pohon berikut ini…

Pohon merupakan salah satu makhluk Allah SWT yang paling hebat. Banyak hal baik yang dapat kita ambil pelajaran dari nya baik itu dalam menggapai kesuksesan, diantaranya adalah:

                Akar yang kokoh

Akar merupakan pondasi dari sebuah pohon, semakin kuat akar yang menancap kedalam tanah maka akan semakin kokoh pohon tersebut. Dari sini dapat diambil pelajaran, bahwa untuk menjadi seseorang yang sukses maka pondasi diri kita harus kuat dari sekarang, pondasi seperti apakah itu? Pondasi itu bisa berupa niat, harapan, cita-cita, obsesi, atau pun keinginan seseorang. Hasan Al Banna berpesan untuk yang punya impian besar

“Sesungguhnya sebuah pemikiran itu akan berhasil jika diwujudkan manakala kuat rasa keyakinan kepada Nya, ikhlas berjuang dijalan Nya, semakin bersemangat dalam merealisasikannya (pemikiran itu), dan berkorban demi mewujudkannya. Dan jika disimpulkan yaitu Iman,ikhlas,semangat, dan amal perbuatan”. Adapun perumpamaan akar yang kokoh ini pun telah disebutkan Allah dalam QS: 48:29, dari itu pembaca yang budiman marilah dari detik ini kita bentuk akar-akar yang kuat, baik itu berupa harapan, dan berjuang lah untuk memperkokoh akar tersebut.

 

      Tumbuh tiada henti

Pembaca yakinkah anda bahwa pohon-pohon itu tumbuh tiada henti.??.. lihat lah pohon yang tumbuh tidak akan kembali ke dalam ukuran semula. Walaupun mereka tumbuh perlahan –lahan tidak dalam ketergesa – gesaan slowly but sure, itu lah yang menjadikan akar – akar memanjang dan menguat, pucuk yang membesar, batang yang semakin kokoh. Pembaca yang budiman, sadarkah anda bahwa selama dalam pertumbuhan tersebut sang pohon selalu melakukan perbaikan??? Mulai dari perbaikan akan daun-daun yang gugur diganti, dahan-dahan patah diganti dengan dahan yang lebih kokoh,serta  bagian – bagian pohon lainnya yang slalu memperbaiki diri. Begitu pula lah sebaiknya kita manusia, selalu tumbuh tiada henti bagai pohon, dan juga slalu melakukan perbaikan diri yang kotinu. Karena kunci dari kesuksesan itu adalah perbaikan diri yang terus-menerus. Akan tetapi bagaimana cara kita bisa memperbaiki diri??tentunya perbaikan diri tersebut dapat diterapkan karena adanya kesadaran  dan komitmen dari evaluasi yang telah kita lakukan.

 

Memberi tanpa batas

Sadarkan para pembaca, bahwa pohon tidak pernah memakan sendiri buah atau pun bunga yang dihasilkannya, melainkan pohon – pohon tersebut membagikannya kepada kita manusia, burung-burung dan juga hewan-hewan sekitar. Pembaca ternyata Pohon tidak hanya membagikan buah-buahan yang dihasilkan nya saja loh…tapi banyak hal lain yang sangat bermanfaat yang juga slalu dibagikan oleh makhluk ini, diantaranya adalah kesejukan ketika kita berada di bawahnya pada saat terik matahari begitu menyengat, dan satu yang sangat mengagumkan dari sosok pohon adalah manakala seseorang melemparinya dengan batu, maka pohon tidak pernah membalas dengan batu tapi malah sebaliknya pohon memberikan buah-buahan yang bermanfaat bagi sang pelempar, ya iya sih…ga da pohon yang berbuah batu… J tapi dari filosofi ini sudah sepatutnya kita manusia meniru sifat pohon, bukan kah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, hal ini telah ditunjukkan pohon dengan saling memberi dan berbagi, juga bukankah tidak ada manfaat yang dapat ditimbulkan dari membalas kejahatan dengan kejahatan??dan untuk persoalan yang ini pun telah ditunjukkan sang pohon kepada kita tatkala ia dilempar batu dan ia membalasnya dengan memberikan buah-buahan. “Jadilah kamu seperti pohon yang jika dilempar batu maka menjatuhkan buah. Mereka melemparmu dengan penghinaan tapi kamu melayaninya dengan lemah lembut dan kesabaran. Sesungguhnya Allah mencintai kelembutan dalam segala hal (Hasan al-Banna)

 

     Menaungi

Lihat pohon, semakin ia bertambah tinggi, daun semakin banyak, maka naungan kesejukan dan keteduhan yang diberikan pun semakin besar. Nah dari sifat pohon ini dapat kita ambil pelajaran, bahwa ketika kita telah menjadi orang besar dan sukses maka seyogyanya kita semakin mengayomi dan memberi bimbingan pada mereka yang kecil. Jangan seperti para pejabat yang sekarang ada di sono noh….(DPR/MPR) eit jadi ke politik deh…:p.

 

Nah pembaca yang budiman, sangat banyak lagi sebenarnya filosofi pohon yang dapat kita jadikan pelajaran dalam mengarungi hidup ini…tapi karena keterbatasan waktu dalam menulis (ceritanya aku super duper sibuk  gitu hehe :p”kidding”) jadi untuk kali ini sampai disini dulu ya.., slain itu sebeneranya aku pengen ngajak pembaca skalian untuk bersama-sama menggali lebih dalam lagi filosofi yang dimiliki oleh pohon jadi kita bisa saling diskusi, bukankah dengan diskusi akan semakin memperluas wawasan kita?? otre…;) hehe eh iya..aku masih ada nih sedikit wise word wat pembaca moga bermanfaat,,,,

 

Jangan dipikir derita akan berkepanjangan

Karena itu akan membawa putus asa pada Sang Khalik

Ingat lah ketika malam telah puncak pada pekatnya

Maka tidak lama lagi mentari kan muncul menyinari

Ujian adalah tarbiyah (pembelajaran) dari Allah

Apakah kita kan sabar atau pun sebaliknya…

Pilihan ada ditangan mu…

 

 

Wahai tuhan kami, kesulitan demi kesulitan yang kami temui adalah kesulitan yang berasal dari kebodohan kami sendiri. Dan dalam menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut kami sering berlaku sebagai orang-orang yang kalah, yang lemah, bahwa tak satu pun yang bisa kami atasi.

 

Wahai Tuhan kami, segala kekuatan ada di tangan Mu, kalaulah kami berpikir pada ketidakmampuan kami menghadapi kesulitan-kesulitan kami, maka yang terpampang adalah tembok besar yang menghalangi dan batu besar yang menghimpit. Tapi demi melihat kemampuanMu yang tiada batas, dan anugrah kekuatan besar yang tersembunyi pada diri kami yang hanya dimiliki oleh orang-orang yang menemukannya, maka bolehlah kami berharap bahwa semuanya pasti bisa kami hadapi dengan baik. La hawla wala quwwata illa billah.Amiin..

Categories: motivasi | 11 Komentar

Navigasi pos

11 thoughts on “Perhatikanlah pohon ; Bergurulah padanya….

  1. inu_imut

    Subhanallah..

    smg qt mjadi sbenar2 mu’min yg senantiasa beriman, ikhlas, bsemangat dan berlomba2 dlm kebaikan..
    mjdi mu’min yg stiap harinya diteduhi cahaya iman krn menetes ke dlm lubuk hatinya ilmu yg mngajaknya smakin dekat kpd Sang Maha Penyayang..

    “Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya?” (QS. 21:10)

  2. enozone

    @ kak Ai…
    kakak makasih ya…sebenernya eno terinspirasi dari hasil diskusi kita kak…so kita sering diskus ya kak…:) biar ntar bisa muncul inspirasi2 yang lain….😉

  3. kanda

    eno bagus deh blog nya…kanda suka….sama eno, jng kasih tau maya ya….:D

  4. tar kubaca dulu ya.

  5. enozone

    @kanda..
    Kanda onyon….kanda onyon….maya jadi sedih tuh….;) hehe…mamay ce kidding loh….hehe…

  6. mayapuspitasari

    Hiks.. :((
    Kanda…
    Kanda koq jahat sih sama Maya.
    Tapi gpp, My cuma pengen Kanda tegas. Siapa yang Kanda pilih??
    Maya, Cece atau K’Rani??

  7. kanda

    klarifikasi eh qualifikasi eh apa ya???….ato butuh konferensi pers yaaaa, kira2 pilih yang mana yaa
    abis semuanya cantik ga ada yang ganteng.🙂

  8. enozone

    @Kanda…
    Waduh kanda…kok blog aku jd tempat penentuan pilihan kanda..😦 eno kan pengennya diskusi tentang tulisan eno… kanda onyon nih… klo kanda bingung mo milih yang mana, Eno ngalah deh…😉 biar Mamay dan K’Rani yg maju…😀 hehe…

  9. wie_chan

    Aduh eno…
    ko kata2 “onyon” ga pernah hilang yach dari kuliah…. ^_^

  10. enozone

    hehehe😀 wah kata “onyon” itu kudu musti slalu dipake m’Guh…hmm mungkin kedepannya mo eno paten kan ah…😉 or eno masukin ke kamus besar bahasa indonesia aja kali ya…😀

  11. Ping-balik: Huuril’ain Najma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: