“Hakikat Kekayaan”

Jika ditanya pengertian dari kekayaan??? Maka hampir setiap orang mengatakan, bahwa namanya kaya itu adalah memiliki uang melimpah, rumah dimana-mana dan mobil berjejer di garasi bak showroom rumahan. Nah apabila telah memiliki semua itu maka lengkap sudah, atau bisa dibilang kebahagian telah ada dalam genggaman. Salahkah pengertian tersebut?? Tentu tidak, karena setiap orang berhak memiliki pengertian yang berbeda-beda. Akan tetapi saat ini sangat banyak orang-orang mengatakan bahwa mereka tidak bahagia, padahal semua yang tadi disebutkan diatas telah dimilikinya, lalu apakah gerangan yang membuat mereka tidak bahagia??? Jika seperti itu benarkah bahwa tolak ukur dari kekayaan adalah memilki uang melimpah???

Pembaca yang budiman, sebenarnya hakikat kekayaan bukanlah semata-mata hanya berlandaskan pada harta yang melimpah, tapi ada kaya-kaya lain yang harus dimiliki seseorang agar mendapatkan gelar kaya yang sesungguh nya. Karena kekayaan merupakan sigma dari berbagai komponen, dengan kata lain kekayaan tidak berdimensi tunggal (kaya harta), tetapi memiliki dimensi yang luas, yakni :

  • Kaya Ghirah (semangat)

    Semangat yang tak ada habisnya, orang yang kaya dengan semangat membara seakan menjadi manusia sumber energy, bagai matahari, menerangi kegelapan. Orang memiliki kaya semangat maka ia tidak akan mengenal kata menyerah apalagi berputus asa.

  • Kaya Input (ilmu, wawasan, dan pengalaman)

    Ilmu merupakan cahaya yang bisa menunjukkan kita jalan, dan akan menghindarkan kita dari jalan yang menyesatkan serta membahayakan. Ilmu adalah pupuk iman, tak akan pernah kokoh kehidupan tanpa iman, dan tak akan pernah kokoh iman tanpa ilmu yang diamalkan dengan ikhlas.

    Ciri orang yang kaya dengan ilmu dan pengalaman, bukan tampak dari penampilan dan asesoris, atribut serta gelar, tapi akan tampak dari kecermelangan akhlak dan kerendahan hati dalam menyumbangkan solusi terbaik dengan tulus.

  • Kaya gagasan (ide dan kreativitas)

    Perubahan zaman yang begitu cepat pada saat ini menuntut kita semua untuk selalu berubah. Yang artinya Kaya gagasan dan ide sangat diperlukan untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan, selain itu dunia telah membuktikan bahwa karya-karya gemilang peradaban ini adalah milik orang-orang kreatif penuh ide.

    Adapun kunci dari kreativitas sangat berkaitan dengan semangat yang menggebu untuk menghimpun ilmu baru, pengalaman baru, wawasan baru, sahabat baru, suasana baru yang akan memperkaya kemampuan diri untuk melahirkan gagasan-gagasan baru yang orisinal dan kreatif.

  • Kaya ibadah (amal)

    Ingatkah kita, bahwa kita diciptakan di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Nya. Karena nya setiap yang kita lakukan di dunia ini harus dijadikan ibadah, karena itulah tugas utama kita di dunia ini. Adapun syarat dari ibadah adanya niat yang ikhlas, bahwa apapun yang kita lakukan hanya karena Allah semata.

  • Kaya hati

    Pepatah mengatakan “bukanlah orang yang kaya dengan melimpahnya harta, yang kaya adalah hatinya kaya”

Nah pembaca, setelah semua yang telah dijelaskan diatas, semoga bisa membawa kita menjadi orang kaya yang sesungguhnya, orang yang tidak gampang menyerah apalagi berputus asa dalam menggapai rahmat Nya, dalam Hadits Qudsy Allah berkata :

Wahai anak Adam aku telah ciptakan kamu maka jangan lah kamu bermain-main, dan Aku jamin rezeky mu maka kamu jangan merasa lelah. Wahai anak Adam carilah Aku maka engkau akan menemui Ku, dan jika engkau menemuka Aku engkau akan mendapatkan sesuatu, sedang Aku mencintai mu lebih dari segalanya.

Subhanallah Maha Rahman Allah yang curahan Kasih nya begitu besar kepada kita. Karenanya mari tanamkan dalam diri bahwa

Saya tidak ingin Kaya, Tapi Saya Harus Kaya!!!

Tetap semangat yaaaaaaaaaa……….^_^

Terinspirasi dari buku : Saya Tidak ingin Kaya, Tapi Harus Kaya

Categories: celoteh koe | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on ““Hakikat Kekayaan”

  1. wah, bunda juga mau kaya ,Mbak Eno.
    semoga Allah swt memudahkan kita utk menjadi orang yg kaya ya, amin.
    Pencerahan yg sangat bermanfaat.
    salam.

    Amiiin….smoga keinginan kita bisa segera terwujud ya Bund…^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: