“Lagu Anak-Anak Yang Menyesatkan!”

Ternyata lagu anak-anak yang populer banyak mengandung kesalahan, mengajarkan kerancuan, dan menurunkan motivasi. Berikut buktinya:

1. “Balonku ada 5… rupa-rupa warnanya… merah, kuning, kelabu.. merah muda dan biru… meletus balon hijau, dorrrr!!!” Perhatikan warna-warna kelima balon tsb., kenapa tiba2 muncul warna hijau ? Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5!

2. “Aku seorang kapiten… mempunyai pedang panjang… kalo berjalan prok..prok.. prok… aku seorang kapiten!” Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang pedangnya, tapi di bait kedua dia cerita tentang sepatunya (inkonsistensi) . Harusnya dia tetap konsisten, misal jika ingin cerita tentang sepatunya seharusnya dia bernyanyi : “mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang)… kalo berjalan prok..prok.. prok..” nah, itu baru klop! jika ingin cerita tentang pedangnya, harusnya dia bernyanyi : “mempunyai pedang panjang… kalo berjalan ndul..gondal. .gandul.. atau srek.. srek.. srek..” itu baru sesuai dg kondisi pedang panjangnya!3. “Bangun tidur ku terus mandi.. tidak lupa menggosok gigi.. habis mandi ku tolong ibu.. membersihkan tempat tidurku..” Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan tempat tidur. Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa terprogram secara baik dalam menyelesaikan tugasnya dan selalu terburu-buru. Sehabis mandi seharusnya si anak pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang!

4. “Naik-naik ke puncak gunung.. tinggi.. tinggi sekali.. kiri kanan kulihat saja.. banyak pohon cemara.. 2X” Lagu ini dapat membuat anak kecil kehilangan konsentrasi, semangat dan motivasi! Pada awal lagu terkesan semangat akan mendaki gunung yang tinggi tetapi kemudian ternyata setelah melihat jalanan yg tajam mendaki lalu jadi bingung dan gak tau mau ngapain, bisanya cuma noleh ke kiri ke kanan aja, gak maju2!

5. “Naik kereta api tut..tut..tut. . siapa hendak turut ke Bandung .. Surabaya .. bolehlah naik dengan naik percuma.. ayo kawanku lekas naik.. keretaku tak berhenti lama” Nah, yg begini ini yg parah! mengajarkan anak-anak kalo sudah dewasa maunya gratis melulu. Pantesan PJKA rugi terus! terutama jalur Jakarta- Bandung dan Jakarta-Surabaya!

6. “Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul2 sepanjang hari dg tak jemu2.. mengangguk2 sambil bernyanyi tri li li..li..li.. li..li..” Ini juga menyesatkan dan tidak mengajarkan kepada anak2 akan realita yg sebenarnya. Burung kutilang itu kalo nyanyi bunyinya cuit..cuit.. cuit..! kalo tri li li li li itu bunyi kalo yang nyanyi orang, bukan burung!

7. “Pok ame ame.. belalang kupu2.. siang makan nasi, kalo malam minum susu..”

Ini jelas lagu dewasa dan untuk konsumsi anak2! karena yg disebutkan di atas itu adalah kegiatan orang dewasa, bukan anak kecil. Kalo anak kecil, karena belom boleh maem nasi, jadi gak pagi gak malem ya minum susu!

8. “nina bobo oh nina bobo kalau tidak bobo digigit nyamuk”

Anak2 indonesia diajak tidur dgn lagu yg “mengancam”

9. “Bintang kecil dilangit yg biru…”

Bintang khan adanya malem, lah kalo malem bukannya langit item?

10. “Ibu kita Kartini…harum namanya.”

Namanya Kartini atau Harum?

11. “Pada hari minggu ku turut ayah ke kota. naik delman istimewa kududuk di muka.”

Nah,gak sopan khan..

12. “Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam, menanam jagung dikebun kita…”

kalo mau nanam jagung, ngapain nyangkul dalam-dalam

sumber: The Lounge Kaskus

Categories: celoteh koe, kocak abiss... | 25 Komentar

Navigasi pos

25 thoughts on ““Lagu Anak-Anak Yang Menyesatkan!”

  1. hellgalicious

    akakakaka
    kalo soal lagu balonku ane juga bingung tuh ijonya dikemanain yah
    trus kalo lagu bintang kecil dilangit yang biru itu kan emang bener langit biru. buminya aja yang berotasi jadinya pas malem langitnya ga keliatan biru. hihi

    • “hehehe….bener juga ya mas hellgalicious, hmmm apa gara2 lagu itu nilai matematika eno dulu di SD slalu jeblok….. *eh ada hubunganya ga ya???? :D”

  2. nais infoh gan . ngocol. wek…

  3. julianusginting

    baru tau itu bs menyesatkan..hehee..

    • sama pak julian…. eno juga baru tau, ternyata sejak kecil lagu2 tersebut tlah menyesatkan kita ya…. ^_^ hehehe

  4. hahha………. 😀😀😀
    ternyata Mbak Eno bisa juga bebodoran………. (* ngakak sambil senyum*)😀
    salam

    • bundaaaaaaaaaaaaa…… kangeeeeen…. *hug erat

      hehehe…iseng aj bund… abis blom dpt inspirasi wat posting ^_^

      *ayooo bunda silahkan duduk, eno dan kucing ingin menjamu bunda dng 3 cangkir teh anget special…. ^_^

    • teh hijau ada khan?
      makasih ya Mbak Eno, jangan lupa camilannya sekalian dunk………..😀 (*malu2in*)
      salam

      • ok dech bund….bunda mo teh hijau nya berapa cangkir??? trus gulanya mo gula pasir putih, ato gula tebu, dan berapa sendok bund???
        untuk cemilan bunda diem2 aja ya…soalnya tadi si kucing ngintip-ngintip, roman2nya mo ngambil juga tuch….^_^

  5. hmmm, yuuk bikin lagu anak-anak yang bermutu dan mendidik.

    Sepertiga malam aku sholat tahujud tidak lupa berdzikir dan berdoa.
    setelah itu , sahur tidak lupa pergi ke masjid …..

    lanjutin ya

    • lanjutan versi eno :
      –> sholat subuh berjama’ah, abis sholat aku mengaji, mengaji iqra dng pak haji….

      *waah liriknya oke jg ya kawanlama ^_^, hmmm gmn klo kita demo lagunya???😀

  6. wkwkwk… dree baru nyadar…

    • hehehe…. :p waaah kita sama mba/mas dree

      *btw kami (eno&kucing) harus panggil apa??? ^_^ biar tambah akrab

  7. Menurut saya, lagu-lagu itu tidaklah menyesatkan sama sekali.
    Coba saja tanyakan pada diri kita yang sudah dewasa sekarang, yang tentunya juga “dibesarkan” oleh lagu-lagu itu, apakah kita menjadi “sesat” saat ini? Tentu tidak!

    Sesungguhnya, lagu-lagu itu sudah pas untuk anak-anak. Syair-syairnya simpel, memang itu yang dibutuhkan anak, karena mereka tidak perlu untuk menerjemahkan atau menganalisa lebih dalam. Nanti, setelah dewasa, mereka baru bisa mencari makna sesungguhnya dari lagu-lagu itu.

    So, teruskan saja menyanyikan lagu-lagu ini, dan teruskan juga menciptakan lagu-lagu baru buat mereka…🙂

    Oya, koreksi dikit: yang benar itu adalah “hijau muda”, bukan “merah muda”. Jumlahnya tetap lima kan, No..?😉

    • iiiih uda vizoon salah tau…..merah muda…..bukan hijau muda….wong td aku denger ibu guru tk nyanyinya “merah muda dan biru” kok….

      *ga mau ngalah.com hehehehe :p

      ==ahlan wa sahlan uda vizon….slama datang kembali di blog kami…^_^==

  8. mikirnya begitu…jadinya lagu anak2 itu menyesatkan bener😀

  9. Mungkin kita harus berfikir sederhana seperti anak-anak.

    • hmmm jadi inget masa kanak2 dulu….nggak perlu mikirin tingkat inflasi yg trus meningkat…..apalagi harga sembako yg sperti roket…..

      sayangnya pak aldy…saat ini kita ga bisa berfikir sesederhana sperti anak2 lagi….😦

  10. wakakakak…postngan kakak sukses bikin denuzz ngakak menjelang berbuka nih…
    tetap semangat buat meluucu ya, kakak…
    salam akrab dari burung hantu…

    • waaah….denuz…….aku jd terharu…..akhirnya aku sukses jd pelawak….hmmm kira2 klo aku ikutan API (akademi pelawak indonesia) kamu bakal voute aku ga ya????😀

      btw salam balik ya u/burung hantunya ^_^ dr kucing

  11. Hai…Nama saya Zepe
    Saya memiliki banyak koleksi lagu pendidikan anak .
    Beberapa menggunakan bahasa Inggris.
    Sudah ada 30 an lagu dan sudah dipakai di Paud dan TK seluruh Indonesia.
    Kalau anda butuh lagu anak-anak anda bisa
    Klik: http://www.lagu2anak.blogspot.com
    //

    • halo kak Zepe….^_^
      waaaah spertinya saya harus sering berkunjung ke blognya kakak niiih….

      btw terima kasih atas kunjungannya ya kak,terutama u/ referensi lagu2 anak2 nya….^_^

  12. wakakaka…bener juga yah, ga pernah sadar keanehan lagu anak2 kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: